Kamis, 12 April 2012

Greatest Getaway - Part 1


It’s All about Surprise & Surprise!

Kali ini gue akan cerita banyak tentang perjalanan liburan gue ke Bali. Karena panjang, jadi gue akan bagi ke beberapa segmen. Nah, yang ini baru pembukanya aja, yaitu hari pertama sejak gue menginjakkan kaki di Bali. Happy reading!

Akan selalu ada alasan bagi setiap orang untuk kembali ke Bali. Betul khan? Gue berharap siapapun kalian pernah ke Bali dan sebaiknya ke Bali sebelum ke kota atau negara lain. Bali adalah pulau kecil yang dikenal mancanegara. Bali bahkan lebih terkenal daripada Indonesia sendiri. Ketika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, akan jelas terlihat garis pantai persis seperti apa yang digambarkan di peta. Kali ini gue akan bercerita tentang suka duka gue selama di Bali. Mulai dari ketar-ketir jadi nggak nih ke Bali, kesotoyan naik big marble sampe maki-maki orang lokal di kota mereka sendiri. Pada akhirnya, gue akan selalu ingin kembali ke Bali.

Bermula dari rencana yang disusun jauh-jauh hari tepatnya 9 November 2011 untuk memberikan kejutan kepada Coi2 yang berdomisili di Denpasar, Bali. Setelah berembuk akhirnya gue, Jeung Win, Peow, dan Agus Leo sepakat untuk berangkat pada tanggal 4-8 April 2012. Berharap-harap cemas semoga aja nggak ada aral melintang hingga akhirnya kami berempat bisa pergi di hari yang udah ditentuin. Keribetan pun terjadi, mulai dari booking hotel, booking mobil, booking water sport, hingga kekhawatiran Jeung Win yang memutuskan untuk nggak berangkat pada H-1! Tantangan terbesar adalah bagaimana menyembunyikan rencana ini dari Coi2, mulai dari menghubungi Bang Een (suami Coi2) supaya Coi2 nggak ke mana-mana di tanggal tersebut sampe berhati-hati untuk nggak salah masuk kamar chat setiap ngomongin soal keberangkatan ke Bali.

Makan siang sebelum kena turbulence --"
Tapi akhirnya atas seizin Yang Maha Kuasa, kami berangkat ke Bali dan tiba di sana dengan selamat.  Ketika tiba, cuaca cerah menyambut. Suasana bandara yang sedang direnovasi bikin nggak nyaman.  Mudah-mudahan renovasi cepet beres karena sudah saatnya Bali punya bandar udara yang mumpuni. Sampai di sana, kami udah dijemput transpor yang dipesan melalui internet di Jakarta. Kami menginap di Tune Hotels Double Six, Legian. Sesampai di hotel, kami check-in dan hanya cengengesan ngeliat kamar yang super sempit dan berpikir bagaimana memuat 4 orang di atas kasur queen size dengan salah seorangnya hamil! Akhirnya kami memutuskan untuk buka 1 kamar lagi karena kami butuh tidur yang berkualitas.

Airplane newbie
Menunggu di ruang boarding
Awalnya kami berpikir untuk ke tempat si Coi2 besok harinya mengingat kondisi Agus Leo yang sedang hamil, takutnya kecapean. Tapi karena semangat memberi kejutan yang udah di ubun-ubun, maka kami memutuskan untuk pergi di malam itu juga. Dengan bermodal taksi, alamat lengkap, menelpon Bang Een, dan patokan ruko di depan Mc.D, akhirnya kami berangkat. Karena gue minum antimo pas berangkat, tak disangka tak dinyana, efeknya masih kebawa sampe malem. Di pesawat cuma tidur sebentar (lagian gimana bisa tidur kalo pas berangkat sempet ngerasain turbulence gila-gilaan sampe Jeung Win memilih pulang jalan kaki), pas nyampe ngantuknya nggak karu-karuan, akhirnya membawa gue tidur sepanjang perjalanan ke ruko Coi2.

Akhirnya gue terbangun karena gue dibangunin anak-anak. Mereka nanya di mana tepatnya ruko si Coi, padahal jelas-jelas gue cuma tau alamat lengkap tapi nggak pernah ke sana. Untungnya Agus Leo menanyakan letak ruko lebih jelas, sehingga kita nggak pake nyasar untuk sampe ke sana. Udah jam 9 WITA dan ruko jelas udah tutup. Harap-harap cemas semoga rencana penggrebekan berhasil, kami masuk. Peow di depan bertemu Bang Een yang ngebuka pintu untuk pertama kalinya. Pertama kali meilhat Peow, Coi2 menangis terharu nggak karuan sambil jerit-jerit khas gayanya. Dikarenakan si Bubu, anjing kesayangan si Coi2, gue dan Jeung Win memilih untuk pasang kuda-kuda. Rada parno juga sama anjing karena sejarah panjang masa kecil gue. Mulai dari sering digonggongin anjing pas lewat depan rumah si anjing setiap berangkat sekolah, ngeliat sepupu digigit anjing yang sama sampe dikejar anjing dan sukses manjat pager orang. Udah nggak pake malu lagi gue asal selamat dari si anjing.  

Setelah bermewek ria, akhirnya kami satu-satu menyampaikan titipan dari Jakarta buat Coi2. Mulai dari buku Vabyo yang diidamkan sejak dulu, kado pernikahan dari Gogo hingga kegagalan membawakan red velvet yang udah diputerin seharian sehari sebelum berangkat ke Bali oleh all the members, #7Items. Yep. We call ourselves as #7Items. Macam perkumpulan anak-anak ABG tanggung/ alay jaman SMA.  Abis itu, mulailah Coi2 menguak satu per satu ‘petunjuk’ yang ditinggalkan kami di hari yang sama  seperti twit Jeung Win, “3tahun yang lalu aku di sini.”, atau twit Peow, “Sudah saatnya ganti jam nih.”, sampe Agus Leo yang ngetwit ketegangan sepanjang perjalanan ke bandara yang macet gara-gara banjir, “Doa orang kejebak macet di tol: Ya Allah, lancarkanlah jalanku, jauhkanlah banjir. Aamiiin.”, plus tambahan twit tektokan soal pijet Mirota (hapah sih?!) Dan gue, tak ada kabar (sok misterius).

Soal kejutan, gue akui gue ini adalah perencana kejutan gagal. Sejak dulu gue ngerasa gagal kalo udah urusan ngasi kejutan, tapi gue paling sering kena target kejutan. Mulai dari SD saat temen-temen gue tidak mengajak gue ke pertandingan bola, merasa tersishkan, akhirnya gue diajak untuk ikutan maen bola. Ajakan itu akhirnya malah menjebak gue sendiri ke kejutan ultah gue. Alhasil gue pulang dengan tepung yang nyampur ama keringet. Terharu karena mereka segitu perhatiannya ama gue, tapi tau khan jaman dulu, tepung dan telur pasti maen. Belon lagi ketika gue dikasih makanan ringan kesukaan gue seharga 50 perak, Ciki Orin, pas gue buka ternyata isinya 2 belalang gede2 warna coklat. Asli lah gue terika-teriak hampir nangis. Satu lagi pas kuliah, gue dikasih kejutan sama temen kampus gue. Awalnya temen gue ngajak curhat di kelas untuk ngalihin perhatian gue, nggak ada 10 menit, segerombolan orang masuk dan ngucapin selamat. Kali kejutan ini, gue agak surprise juga karena gue termasuk ‘baru’ di geng tersebut, mungkin karena ada salah satu dari mereka naksir ama gue. Hihihi. Kejutan juga gue dapet pas kerja, #7Items masukin balon di mobil gue beserta hadiah kacamata warna pink susu.

Lalu karena ketidaktegaran gue menyiapkan kejutan, gue menyerah membuat kejutan sampe akhirnya gue menyiapkan kejutan untuk Jeung Win beberapa tahun lalu. Ketegangan menyiapkan kejutan itu sebanding dengan hasil yang didapet. Waktu itu kami memasang balon-balon beserta tulisan lengkap dengan nomor telepon Jeung Win di mobilnya. Atau saat kami ngasih kejutan ke Peow di lapangan badminton pas ulang tahunnya dengan ngasih raket badminton yang Peow pilih sendiri. Ngakunya sii dia ngeh bakal dikasih kejutan, tapi tetep aja doi cengengesan kesenengan. Sejak itu gue terus melatih kemampuan menyiapkan kejutan. Kejutan berikutnya saat gue, Gogo dan Agus Leo menyiapkan scrap paper untuk J, Peow, Jeung Win dan Coi karena mereka resign tahun lalu. Ceritanya bisa dibaca di “It’s Not a Goodbye” (http://jurnalsiontacerdas.blogspot.com/2011/06/it-is-not-goodbye.html).

Dan tentu saja rencana kejutan ke Bali untuk Coi2 adalah rencana kejutan terbesar yang pernah gue rancang bersama temen-temen gue. Karena awalnya memang kami mau ke sana saat pernikahan Coi2, tapi karena kendala waktu, kami memutuskan untuk datang sebulan setelahnya. Setelah perancangan matang, kami yakin, kami bakal berhasil mengejutkan Coi2 di hari H. Ada sinyal yang mengindikasikan kalo Coi2 kayaknya tau kami bakal dateng sehari sebelum keberangkatan. Ada sedikit pengalihan isu seperti Agus Leo yang ngaku pulang kampung ke Klaten sampe gue yang bilang supaya Coi2 banyak-banyak doa aja supaya gue bisa ke Bali ketika Coi nanya kapan ke Bali.

Dan akhirnya kami di Bali. Kejutan yang dipersiapkan sejak lama jadi nggak berasa ngeliat senengnya kami semua ada di Bali nengokin temen. Apalagi rencana ke macem-macem tempat udah disusun. Mulai dari nyewa mobil dan nyetir sendiri dengan modal foursquare, desek-desekan pas tidur karena akhirnya Coi2 ikut nginep 3 malem di hotel, ngakalin kamar hotel yang sempit buat gantung baju dan anduk basah, sampe ngejagain Agus Leo yang lagi hamil.
Finally, we are here!
Di posting berikutnya, gue akan cerita bagaimana serunya hari kedua di Bali. Mulai dari water sport, nyicipin cendol di GWK, sampe diisengin Hanoman di Uluwatu.

12 April 2012
12:04 p.m.
Classroom

1 komentar: