Sabtu, 14 April 2012

Greatest Getaway - Part 2

One Perfect Adventures and Magical Cultures

*Bli: sebutan ‘Abang’ atau ‘Mas’ di Bali

Okay, kali ini gue akan cerita gimana serunya hari kedua di Bali. Tadinya Peow mau belanja di hari kedua karena doi nggak bawa baju banyak. Hem, resikonya, kalo belanja di awal, uang bisa abis di satu tempat. Gue sii nggak terlalu pengen belanja karena gue emang nggak berniat belanja banyak dan ngasih oleh-oleh, itu sebabnya gue nggak terlalu pengen ke Sukowati. Tapi karena yang lainnya pengen, akhirnya kita pergi ke Sukowati tapi tidak di hari kedua. Akhirnya kita pergi ke Sukowati di hari ketiga mengingat kebutuhan Peow akan pakaian, agak kasian juga kalo dia berakhir masuk angin karena telanjang ke mana-mana.

So, hari kedua, kami memutuskan untuk water sport di Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan nonton Tari Kecak dan Epik Rama Shinta di Uluwatu. Sebelum ke Tanjung Benoa, kami sarapan di Nasi Pedas Bu Andika yang fenomenal ituh. Halah. Wew, banyak yang bilang pedes, bahkan laki gue bilang kalo gue nggak akan menikmati makan pedes di sana karena terlalu pedes tapi gue kuatkan diri untuk mencoba dan ternyata nggak sepedes yang dibilang orang. Mungkin karena masih pagi (menu dan sambel belum keluar semua) atau karena gue makan nggak pake sambelnya. Rasanya juga enak, gue coba makan ayam suwir, usus ayam goreng dan sayur apalah itu yang wangi kemangi. Enak! Gue merekomendasikan untuk makan di Nasi Pedas Bu Andika. Hati-hati aja ama sambelnya kalo nggak kuat pedes tapi tetep ada pilihan yang nggak terlalu pedes. Rasanya enak, harganya murah!

Sarapan di Nasi Pedas Bu Andika
Setelah sarapan, mulainya petualangan kami berlima ke Tanjung Benoa. Agak teggang karena ini pertama kalinya kami akan jalan jauh, nyetir sendiri dengan modal foursquare dan GPS. Untungnya jalan ke Tanjung Benoa termasuk gampang. Cuma hati-hati sama motor yang bakal nyetopin elo sepanjang jalan ke Tanjung Benoa. Nggak usah takut, mereka mau nawarin water sport, tapi kalo nggak mau ya nggak usah berhenti. Sampe di sana, matahari maha dahsyat nyinarin pantai. Wow! Superb banget panasnya. Tapi gue suka panas kayak gini. Suka membelang dengan aktivitas seru. So, sampe sana kita deal lagi sama orang di Kanaka Ocean. Harga yang kami dapet juga negotiable. Murah banget dibanding harga yang dipublikasikan di internet. Akhirnya kami memutuskan untuk maen big marble (bentuk lain dari konsep banana boat), flying fish (konsep sama dengan banana boat tapi bisa terbang) sama parasailing (terbang pake parasut yang ditarik sama kapal). Sementara gue, Peow, Coi2, dan Jeung Win maen water sport, Agus Leo harus rela jaga kandang.
Siap-siap naek big marble dengan penuh ke-sotoy-an
Awalnya kami seneng-seneng ajah karena bisa naek big marble berempat. Kami juga dijanjiin untuk nggak dijatohin di tengah laut, nggak kayak banana boat di mana pada akhirnya kita bakal jatoh di tengah laut. Big marble juga stabil. Seru lah bisa maen big marble rame-rame karena flying fish cuman bisa berdua dan parasailing sendiri-sendiri. Jeung Win sempet nanya, “Parasailing bisa tandem nggak?”, si Bli jelas bilang, “Nggak bisa lah, udah gede begini.” :D GUe sendiri juga termasuk 'Tim Bangku Taman’. Tim Bangku Taman adalah tim di mana isinya orang-orang cupu yang cuman berani sampe bangku taman di setiap permainan thrilling (misalnya Dufan), tim ini juga bertugas jagain tas di bawah pohon bangku taman tersebut. Hihihi. Tapi sejak di Jakarta gue memantapkan diri untuk mencoba beberapa permainan. Ada sih snorkling, cuman gue udah pernah ngerasain snorkling di Pulau Seribu. Prinsip gue, yang penting udah pernah ngerasain. Jadi, gue beranikan diri untuk naik parasailing dan flying fish. Ini tantangan buat gue karena gue takut ketinggian. Gue lebih suka bermain di atas air ketimbang di udara. Lalu gue menyadari bahwa bermain di air sama menegangkannya dengan bermain di udara karena kalo maen di aer, elo bisa keselek aer laut sedangkan kalo maen di udara, seenggaknya kalo jatoh, elo cukup nyemplung ke laut dengan pelampung yang siap menahan elo di atas permukaan air.
Berangkat dari pantai --"

Kesenangan karena bisa have fun bareng di atas big marble, kami pun berlari menuju kapal. Gue dan Coi2 duduk di depan sedangkan Jeung Win dan Peow duduk di belakang. Gue pikir si Bli bakal nemenin  kami di kapal. Tapi tidak, si Bli cuman ngedorong doang. Sisanya…., kami  harus berjuang sendirian. Begini, ternyata keputusan untuk naek big marble itu…., hmmm…., keputusan yang kurang ditunjang dengan fakta. Ada beberapa fakta yang perlu elo ketahui sebelum naek big marble:
1. Elo harus tau berapa kecepatan kapal yang narik big marble.
2. Elo harus tau BAGAIMANA si Bli menarik big marble.
3. Elo harus punya cengkraman yang kuat.
4.  Elo harus punya 1000 nyali
5. Elo harus tau seluruh fakta di atas.

Dan kami semua nggak tau fakta di atas! Tadinya gue pikir kita cuman ditarik ala ala Istana Boneka gitu, ternyata yah…gitu deh, macam ditarik kapal motor berkecepatan tinggi. Kalo cuman ditarik yaahh..masih okey lah, yang tidak kami perhitungkan adalah si Bli narik dengan kecepatan tinggi dan ngepot berkali-kali ke kanan dan ke kiri. Alhasil, cuman Tuhan yang tahu berapa lama kami bisa bertahan di atas big marble. Gue bahkan nggak tau ternyata ada cara tertentu untuk megang pegangannya. Si Coi2 bilang, “Rin, gini pegangannya, biar gak lepas!” di saat kapal lagi kenceng-kencengnya! Di otak gue bergulat antara tetep dengan pegangan gue dan memegang lebih erat dengan resiko gue akan jatoh cepat atau lambat karena pegangan gue ternyata salah atau…gue ganti cara megangnya tapi resiko kepental (nggak cuman sekedar jatoh) lebih gede mengingat kecepatan kapal. Bahkan si Peow teriak, “Kita setengah jam loh kayak gini!” Bisa pulang ke Jakarta tinggal nama kalo setengah jam begini! Akhirnya setelah kurang lebih 3 menit, kami diantar ke tepi pantai. Yang tadinya semangat foto2 sebelum berangkat, pas balik, kaki ama tangan pada gemeteran semua. Sampe di pantai, pada duduk nggak kuat bediri, padahal abis itu mau naek flying fish. Jeung Win sempet gentar tapi akhirnya terpaksa naek ke atas kapal motornya.
Kembali dalam keadaan luluh lantah. Sebagian bahkan percaya bahwa ada bagian tubuh yang ketinggalan di laut.
Naik flying fish itu asyik. Tegangannya medium lah. Seru! Pas di atasnya juga nggak lama, awalnya gue nggak tau kenapa tapi pas gantian gue yang di kapal dan Coi2/ Jeung Win di flying fish, gue tau kenapa nggak bisa lama terbang: untuk terbang, kapal harus dipacu dengan sangat cepat dan harus ngebelah gelombang laut yang cukup tinggi saat itu. Akibatnya, gue terpental-pental dan jatoh ajah! Kaki kiri gue sampe lebam. Gue rasa akhirnya si Bli berenti karena gue jatoh. Agak konyol setelah berani naek flying fish, gue malah jatoh di kapal motornya.
Woohoo! Flying fish is so fun!
Terakhir, parasailing kayaknya pas banget buat jadi penutup water sport. Kami diajarin buat pasang kuda-kuda pas mau terbang dan cara turunnya. Bli-Bli di sana genit-genit. Ada aja yang nyolek-nyolek gue sampe nanya-nanya dari mana ajah. Fufufu. Trus pas turun, diteriakin pake megafon, “Coi2!!! Tarik yang biruuu!!” Karena Peow dan Coi2 selalu mendarat dalam keadaan terjatuh, maka gue pikir, wah, susah nih buat turun elegan, makanya gue siap pasang kuda-kuda buat turun dan ga pake nyungsep. Yang ada, gue malah tegang pas mau turun dan akhirnya gue menyungsepkan diri. Setelah sampe di hotel, gue baru tau ternyata si Coi2 nyungsep karena didorong ama si Bli-Bli-nya :D. Parasailing asik banget. Elo bisa liat garis pantai sepanjang mata memandang. Indah dan gue nggak nyangka gue berani naik parasailing. Secemen-cemennya elo, cobalah parasailing kalo udah sampe di Bali. It is a must. Saat itu sempet sii agak keder karena ada beberapa kapal yang narik parasut, apa nggak takut kesemrimpet satu sama lain? Enggak lah, mereka udah ada orbitnya masing-masing kok. Sempet juga Agus Leo mau naek jetski lantaran udah biasa naek motor. Helloooowww, tetep ajeh, lagi hamil, Cyiiinnn! Water sport aman buat ibu hamil adalah snorkling, sempet di tawarin tapi Agus Leo nggak mau. Yah, alhasil doi jadi Tim Bangku Taman aja hari itu.
A must try!
Oiya, di Kanaka Ocean ini ada beberapa gazebo buat berteduh, penting banget soalnya kita bakalan gerah abis mandi atau bebersih. Gazebonya di bawah pohon-pohon gede. Soal shower room, yah, seadanya lah, bener-bener seadanya apalagi beberapa kali airnya mati. Agak harap-harap cemas juga pas lagi sampoan tau-tau aernya mati. Lah, pas udah beres, deres lagi aernya. Ke sana bawa perlengkapan mandi lengkap, baju ganti yang nyaman (celana pendek, kaos tipis, daleman, atau waktu itu gue pake sundress), topi lebar, sunblock, after sun lotion, sendal karet.

Setelah beres, kami memutuskan untuk makan di Warung Nyoman di daerah yang sama. Hmm…, makanannya lumayan lah, suasananya juga standar restoran di Bali, rasanya juga biasa aja, cuman yang rada males yah harganya yang cukup mahal buat kantong budget traveller. Pelayanannya, hmm… tau deh, kok rasa-rasanya orang-orang di Bali itu nggak seramah di Jakarta ya (jarang senyum, tampang jutek)? Mungkin karena mereka ‘turis asing-minded’, mereka cuman ramah sama orang asing, sama kita yah gitu, kalo pun ramah, mereka ujung-ujungnya ngasih bantuan dan ngarep tips. Tips-nya juga nggak bisa gocengan, pasti mahal karena lagi-lagi standar turis. Nah, yang ramah itu justru pendatang yang menetap di Bali. Banyak banget tempat yang gue datengin yang ternyata bukan punya orang Bali. Pas diajak ngomong, lho, kok medok Jawa? Hehehe. Atau ternyata orang Madura, sempet ketemu orang Padang yang punya toko aksesoris di Legian (nanti lengkapnya yah).

Okay, setelah kenyang, perjalanan berlanjut ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). Masuk ke sana cukup bayar Rp. 30,000/ orang. Gue lupa apa mobil bayar juga ya? Kayaknya iya. Sampe sana, tempatnya lumayan adem karena banyak pohon. Tapi saran gue, parkir di tempat yang adem, soalnya setir mobil ampe panas banget, gue harus nunggu beberapa menit untuk ngademin panasnya. Kebetulan ada pertunjukan tari Legong. Abis itu, kita boleh foto bareng sama karakter-karakternya.
Plaza Garuda

Di depan Plaza Garuda
Keren buat pre-wed nih
Lanjut dari nonton, kami muter-muter di kompleks GWK. GWK itu tempat patung Garuda Wisnu Kencana yang belum jadi. Patung yang paling sering diliat dan difoto adalah bagian kepalanya. Sayangnya, baterai kamera gue abis! Bisa sii dapet secepret dua cepret, tapi nyebelin ajah baterai kamera bisa abis pas scenery-nya bagus-bagus. Sebenernya yang fenomenal itu bukan kepala patungnya loh, tapi tebing-tebing tinggi yang terhampar di seluruh kompleks GWK. Bayangin, dari lapangan luas yang panas, di pinggirnya ada tebing-tebing tinggi yang kalo masuk ke bayangannya jadi adem banget. Tapi entah yah, kenapa patungnya nggak diberes-beresin dari dulu. Katanya sii, kalo selesai bisa lebih tinggi dari Patung Liberty, cuman kapan, Cyiiinnn?

Abis muter-muter, kami memutuskan untuk ngaso bentar di salah satu warung di sana, di bawah pohon rindang. Tadinya gue mikir harga makanan di sana mahal, ternyata nggak juga. Es cendol udah paling pas banget, cukup 6000 perak. Nah, yang jualan tuh ramah banget! Ternyata pas buka mulut, deee…, logat Sunda! Khan, yang ramah itu biasanya pendatang. Nggak bilang semua penduduk asli sana nggak ramah, ada juga sii, tapi sepanjang observasi gue ya begitu. Puas dengan cendol, gue muter-muter toko-toko di sana, dan gue tertarik sekali dengan topi lebar warna-warni. Dengan 50 rebu, gue akhirnya memutuskan untuk beli. Salah satu penemuan terbaik gue di Bali.
Best found: Topi rainbow. Coba cek tempat lain siapa tau lebih murah.
Untuk ngejar Tari Kecak di Uluwatu, akhirnya jam 4 sore lewat dikit, kami bergegas meninggalkan GWK. Tepatnya di Pura Uluwatu. Jalannya abis mentok. Sangat disarankan untuk dateng kurang dari jam 5 sore, karena lebih dari itu pasti macet. Tari Kecak di sana terkenal karena dipentaskan saat sunset di atas tebing yang langsung berhadapan dengan pantai. Truly breathtaking. Oya, hati-hati sama monyet di sana yang tiba-tiba keluar dari hutan. Sama tanjakan yang lumayan cihuy buat Agus Leo yang lagi hamil. Trus kalo ada orang yang mau nganterin, mendingan nggak usah. Soalnya ujung-ujungnya pasti minta tips. Tricky ya wisata ke Bali. Satu sisi elo butuh pemandu tapi sebenernya kalo paham kita bisa sendiri kok.

Penjualan tiket dibuka sekitar jam 5. Satu orang harus membayar 75 ribu. Untuk harga itu, elo puas lah nonton totalitas seniman-seniman Bali. Mereka semua penari hebat! Karena dateng lebih awal, dipastikan elo akan dapet kursi paling enak, bisa milih, kalo enggak, elo harus rela desek-desekan nggak kebagian tempat. Akhirnya mereka nyediain bangku plastik lebih untuk penonton yang nggak kebagian kursi tapi nggak kebagian liat sunset. Sayangnya karena awan tebel banget hari itu, gue pun nggak bisa liat sunset. Terlepas dari pertunjukkan itu sendiri, ada hal lain yang sangat menarik perhatian gue. DI tempat itu, seluruh warga dunia berkumpul. You name it! Bahkan sinopsis cerita yang dibagikan pun ditulis dalam berbagai bahasa. Gue sempet ngeliat ada versi bahasa Jepang, Inggris, dan Rusia. Hebat! Dan kita bisa liat betapa seluruh penonton saat itu sangat antusias menonton. Bahkan Coi2 curi dengar ada turis yang bilang, “It was worth the traffic.” As an Indonesian, surely I am so proud.
Bersama warga dunia lainnya
Pertunjukkan dimulai pukul 6 sore. Tari Kecak adalah tarian yang dibawakan oleh 70 orang pria tanpa alat musik apapun. Bunyi-bunyian disuarakan dari mulut dan mereka konsisten hingga akhir pertunjukkan selama 1 jam. Percaya nggak percaya, ada aura magis selama pertunjukkan, well, semuanya gue kembalikan ke kepercayaan masing-masing. Gue nggak akan menceritakan detil pertunjukkan, tapi ini…ada satu karakter yang bisa muncul seenak jidatnya dan ngisengin penonton. Tau-tau ada aja di antara penonton. Yep. Si Hanoman. Bahkan dia sempet ngisengin Jeung Win dengan ngambil kacamatanya. Beruntungnya lagi si Peow sempet foto bareng pas dia lewat di bangku penonton. Ada juga unsur komedi di tengah-tengah pertunjukkan. Agak mengejutkan karena settingannya dari awal serius. Yep, Tari Kecak Uluwatu is highly recommended. Nonton deh.
Tari Kecak & Epik Rama Shinta. A must seen performance!
With Hanoman
Sepulang dari sana, kami kelaparan dan memutuskan untuk berhenti di…warung lele. Hahaha, ini warung lele random loh. Si Peow bilang, “Pokoknya cari yang ada motor banyak parkir.” Rasa? Yah, boleh lah, enak. Makanan di daerah mah enak semua. Lele di Bali itu 1 porsi dapet 2 ekor. Murah pulak. Trus gue juga sempetin beli martabak dan harganya juga murah banget. Ambil yang spesial dua porsi cuman abis 35 ribu dan ternyata enak! Penjualnya ramah dan yep mereka pendatang.

Hokeh, sepulang dari warung lele, kami pun kembali ke hotel. Sepanjang perjalanan, dari yang gelar panti pijet, mobil bau minyak angin sampe maen EYD (ngomong harus pake EYD). Ternyata susah yah ngomong pake aturan EYD dan geli kalo ngomong pake EYD, aneh banget orang-orang random macam gue ngomongnya rapi. Mungkin memang EYD itu hanya dirancang atau cocok untuk bahasa tulisan resmi. Bahkan bahasa lisan formal pun bakal canggung banget kalo pake EYD.

Sampe hotel, dengan sisa tenaga, kami mandi dan merencanakan perjalanan esok hari. Btw, bensin masih utuh loh sepanjang perjalanan hari ini. cukup dengan 100ribuan, 3 hari bersama Karimun. Karena hari ini diabisin di daerah Uluwatu, maka besoknya kami akan menjelajahi Ubud. Beda dengan Uluwatu yang panas karena deket pantai, Ubud itu adem karena di daerah yang tinggi. Nggak cuman ke Ubud, kami memutuskan untuk shopping juga di Sukowati. Cihuy! Peow nggak jadi masuk angin deh. Jadi, tunggu segmen berikutnya yah!